ADA APA DI BULAN MEI

(4.14.2008)



MAYDAY
hari tanpa dominasi, hari tanpa bos !

Menjelang hari besar kaum buruh sedunia, berbagai event, aktivitas akan digelar baik oleh pribadi ataupun kolektif. Di internet, di website-website atau weblog-weblog ramai didiskusikan perihal perayaan mayday. Mulai dari kelompok “merah”, “hijau” “hitam” ataupun yang tidak punya warna namun punya simpati pada hari bersejarah tersebut.
Saat aku lagi edit poster di atas, seorang mahasiswa semester 5 bertanya, siapakah sebenarnya itu buruh/pekerja ?. Seorang teman yang satu berkata, ya........... kita-kita ini yang tidak punya kontrol terhadap kekuasaan dan modal.
Meskipun perdebatan tetang kelompok kelas pekerja yang panjang kali lebar. Namun aku lebih sepakat dengan pembagian berikut:
Kelas pekerja orang-orang yang harus bekerja untuk hidupnya namun tidak memiliki kontrol yang nyata terhadap pekerjaan tersebut atau keputusan-keputusan besar yang memiliki pengaruh dalam hidupnya, yaitu penerima perintah. Kelas ini juga meliputi pengangguran, pensiunan, dll, yang harus bertahan hidup dengan bantuan negara. Mereka miskin dan lemah (dari sudut kekuasaan). Kelas ini meliputi sektor pekerja jasa, sebagian besar (juga bukan mayoritas) pekerja “kerah putih” dan juga pekerja industri “kerah biru” yang tradisional.
Kelas berkuasa orang-orang yang mengontrol keputusan investasi, menentukan kebijakan tingkat tinggi, menyiapkan agenda untuk modal dan negara. Mereka adalah kaum elit papan atas, pemilik atau manajer utama perusahaan-perusahaan besar, multinasional dan bank, pemilik lahan yang luas, pejabat teras negara, politisi, aristokrat, dll. Mereka memiliki kekuasaan yang nyata dalam perekonomian dan / atau negara, dan juga mengontrol masyarakat. Kelompok ini terdiri dari orang-orang yang diatas, 5-15% dari penduduk.
Tentu saja terdapat area “abu-abu” dalam masyarakat apapun, individu dan kelompok yang jelas tidak layak untuk masuk ke dalam kelas pekerja utaupun kelas penguasa. Mereka meliputi orang-orang yang bekerja namun juga memiliki kontrol terhadap orang lain, contohnya kekuasaan untuk mempekerjakan atau memecat. Mereka adalah orang-orang yang membuat keputusan-keputusan kecil atau sehari-hari yang terkait dengan operasionalisasi kapital atau negara. Area ini mencakup manajemen yang rendah hingga menengah, profesional, dan kapitalis kecil.


yang ingin melanjutkan tulisan ini bisa mengirim teknya ke rtmcode@yahoo.co.id
trus kalo sudah dikirim konfirmasi di kotak komentar :-)

Posted in